Bukan Hanya Nilai UTBK Hal Ini Juga Perlu Diperhatikan Saat Mendaftar SBMPTN

masukkampus

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini merupakan kali pertama menggunakan sistem nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dikoordinir langsung oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Namun dalam proses SBMPTN, seleksinya dilakukan oleh masing-masing PTN berdasarkan nilai UTBK dan kriteria lain yang ditentukan oleh rektor masing-masing PTN.
.
Proses penerimaan melalui jalur SBMPTN ini sangat tergantung dari beberapa hal. Melalui rangkuman diskusi pada saat acara SBMPTN Day di Balairung UI Depok yang diadakan Sabtu, 15 Juni 2019 lalu, LTMPT merilis enam poin penting terkait penerimaan jalur SBMPTN ini.
.
Poin-poin yang dimaksud dalam rilis ini yaitu,
1. Pilihan PTN
2. Pilihan program studi
3. Daya tampung/kuota prodi
4. Jumlah peminat
5. Nilai UTBK siswa
6. Keketatan prodi
.
LTMPT juga mengharapkan kepada peserta yang sudah memiliki nilai UTBK, baik yang UTBK sekali atau dua kali tetap mendaftar jalur SBMPTN secara rasional karena peluang diterimanya tetap terbuka. Namun, bagi peserta yang sudah lolos SNMPTN secara otomatis akan ditolak oleh sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Peserta Bidikmisi Tidak Bisa Memilih SBMPTN di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Bidikmisi merupakan program beasiswa yang dinaungi oleh Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). . Sejak tahun 2012, Kemendikbud […]

Subscribe US Now