Hati-Hati Penipuan SBMPTN Peserta Ini Sudah Menjadi Korban dengan Kerugian Rp127,5jt

masukkampus

Masih dalam masa pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hingga tanggal 24 Juni mendatang, ternyata ada oknum yang memanfaatkan momen ini untuk kasus penipuan.
.
Terdapat satu korban calon mahasiswa pendaftar SBMPTN di Universitas Brawijaya (UB) Malang yang menjadi korban penipuan ini. Calon pendaftar berinisial ADN ini telah mengalami kerugian sebesar Rp 127,5 juta. Pasalnya, ADN menyetor uang tersebut lantaran telah menerima surat telah diterima di Fakultas Farmasi UB.
.
Isi surat tersebut menerangkan bahwa ADN lolos masuk Jurusan Farmasi UB dan harus membayar uang Rp120 juta kemudian diminta melakukan daftar ulang di jurusan yang dia pilih pada tanggal 13 Mei pukul 09.00 WIB. Saat melakukan pembayaran melalui transfer, ADN diminta biaya tambahan Rp 7,5 juta lagi dikarenakan ada kesalahan database saat membaca data sehingga total biaya yang ADN setorkan sebesar Rp 127,5 juta.
.
Kasus ini terungkap saat korban melakukan daftar ulang yang menyerahkan PDF bukti validasi penerimaan mahasiswa baru. Dalam bukti tersebut, tertera calon pendaftar berinisial ADN mendapat Surat Keputusan Biro Umum dan Kepegawaian yang dikeluarkan 19 April.
.
Sementara, pihak UB sendiri sudah meneliti isi PDF yang dimiliki ADN. Ada banyak kekeliruan yang mudah diketahui dan sangat jelas bahwa surat ini adalah penipuan. Pertama, dalam surat validasi, ada nama Mulyaningwati SSos MAB selaku kepala bagian umum dan hukum tata laksana (HTL) yang menandatangani kelulusan ADN. Padahal, Mulyaningwati sendiri merupakan kabag kepegawaian di biro bagian umum. Kejanggalan kedua, kesalahan penulisan jurusan atau program studi farmasi yang ditulis departemen farmasi.
.
Mengantisipasi bertambahnya korban penipuan, pihak UB terus mengimbau pendaftar SBMPTN tetap mengikuti mekanisme tanpa tergiur iming-iming masuk lewat jalur belakang. Rektor UB Prof Dr Nuhfil Hanani menyatakan, untuk masuk UB tidak ada jalur bayar dulu baru daftar.
.
Jalur resmi yang bisa ditempuh untuk masuk ke UB yaitu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri yang ketiganya harus mendaftar dulu sesuai instruksi LTMPT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UGM Akan Menerima Sejumlah 3.090 Mahasiswa Melalui Jalur SBMPTN

Jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) dilakukan melalui tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. SBMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru UGM di samping jalur SNMPTN yang telah lebih dahulu berlangsung serta jalur ujian mandiri. . Persyaratan peserta untuk mengikuti SBMPTN adalah memiliki nilai UTBK […]

Subscribe US Now