Mahasiswa UGM dan ITB Tertangkap Menjadi Joki Ujian Masuk Kedokteran

masukkampus

Panitia Pelaksana ujian masuk Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya gelombang 2 mengamankan empat orang yang menjadi joki dalam pelaksanaan ujian masuk Computer Based Test (CBT) pada 21 Mei 2019. Dari keempat joki tersebut, tiga darinya masih berstatus mahasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Teknik Elektro dan Ilmu Gizi yaitu RD (18) dan IM (19), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro berinisial BA (22), satu lagi alumnus dari SMA Negeri di Kediri berinisial MM (17)
.
Sehari sebelumnya, pihak panitia pelaksana sudah mulai curiga bahwa akan ada kecurangan saat mendapati banyak orang bergerombol pada waktu pendaftaran. Maka dari itu, panitia yang lainnya diimbau untuk lebih waspada dan meningkatkan pengawasan ujian.
.
Penangkapan tersebut berawal dari praktik kecurangan saat seorang peserta begitu cepat menyelesaikan ujiannya lalu membagikan lembar kertas kepada peserta lain, dan setelah dikonfirmasi ternyata ia adalah joki peserta.
.
Setelah diinterogasi, pengguna joki menjelaskan bahwa ia membayar uang sebanyak Rp 125 juta kepada seorang makelar, sedangkan yang menjadi joki hanya mendapatkan uang sebanyak Rp 5 – 10 juta. Dari keterangan tersebut bisa disimpulkan jasa joki ini tidak serta merta langsung kepada pelakunya namun ada makelarnya tersendiri yang mengurusnya.
.
Karena kasus tersebut, tim etik fakultas di UGM melakukan koordinasi dengan Universitas Muhammadiyah Surabaya dan siap memberikan sanksi bagi mahasiswanya apabila terbukti terlibat kasus ini. Sedangkan pihak ITB masih menunggu kejelasan kasus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menjelang Pendaftaran SBMPTN Besok, LTMPT Sampaikan Hal Penting

Menjelang pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) besok 10 Juni 2019 pukul 13.00 WIB sampai 24 Juni 2019, Prof. Ravik Karsidi, ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan beberapa hal penting pada hari ini 9 Juni 2019, di antaranya: . 1. Calon pendaftar harus memerhatikan secara teliti dan […]

Subscribe US Now