Tahun Ini Universitas Padjajaran Buka Jalur Mandiri Program Sarjana

masukkampus

Pada tahun ini, Universitas Padjajaran (Unpad) akan membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru tingkat Sarjana reguler melalui jalur mandiri atau jalur Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad menjelaskan, seleksi jalur SBMPTN maupun jalur mandiri hanya menggunakan satu metodologi ujian, yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
.
Sebelumnya, SMUP hanya dibuka untuk seleksi program Sarjana Terapan, Sarjana Program Studi di Luar Kampus Utama, dan Pascasarjana. Mulai tahun 2019 ini SMUP akan mencangkup pada jenjang Sarjana.
.
Namun, tidak semua program studi Sarjana membuka pendaftaran untuk jalur mandiri. Jalur mandiri akan dibuka terutama bagi program studi yang membutuhkan ujian tambahan di luar hasil UTBK.
.
Selain untuk Sarjana reguler, jalur mandiri tahun ini juga dibuka untuk kelas internasional program Sarjana. Kelas internasional ini akan dibuka di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, dan Fakultas Farmasi.
.
Kelas internasional ini dapat diikuti oleh mahasiswa domestik maupun mahasiswa asing. Ada beberapa perbedaan mendasar dengan program Sarjana reguler, seperti bahasa pengantar perkuliah menggunakan bahasa Inggris, hingga standar kurikulum yang melebihi standar di Sarjana reguler.
.
Secara keseluruhan, presentasi alokasi daya tampung Sarjana reguler di Unpad, yaitu minimal 25% untuk SNMPTN, 50% untuk SBMPTN, dan 25% untuk jalur mandiri. Rektor menegaskan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Unpad tidak akan mengalami kenaikan.
.
Menurut laman resminya, pendaftaran SMUP jalur mandiri ini akan dibuka mulai tanggal 17 Juni hingga 13 Juli 2019 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Simak Syarat dan Ketentuan Ujian Nasional Perbaikan Berikut Ini

Ujian Nasional untuk Perbaikan (UNP) 2019 direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 mendatang. Namun hingga saat ini belum ada yang mengumumkan lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaan dan persyaratan yang harus dipenuhi. . UNP ini diperuntukan untuk peserta yang belum memenuhi kriteria pencapaian lulusan yang di tetapkan. Mengacu pada laman […]

Subscribe US Now