Siap-Siap UNBK Tahun Ajaran Baru Soalnya Tetap HOTS

masukkampus

Pada tahun ini, Kemendikbud menggunakan sistem higher order thinking skills (HOTS) pada penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Padahal sebelumnya, standar yang diujikan kepada siswa adalah lower medium order thinking.
.
Hal ini ditujukan agar menciptakan pengembangkan daya nalar siswa serta dapat menginterpretasikan kalimat, makna, dan memahami informasi. Sistem HOTS ini dinilai sebagai salah satu cara agar siswa dapat belajar memahami suatu informasi di kehidupan sehari-hari.
.
Sejalan dengan hal tersebut, perencanaan terhadap guru-guru juga perlu dilakukan pelatihan-pelatihan pembelajaran HOTS. Saat ini, pelatihan kurikulum yang ada di lapangan sudah disertai modul pembelajaran dan penilaian HOTS, sehingga HOTS ini lebih kepada pelatihan penalaran agar siswa menjadi lebih kreatif dan kritis.
.
Beberapa kasus terjadi penurunan hasil nilai UNBK, namun penurunan nilai ini dianggap bukan pengaruh dari adanya sistem baru. Penurunan ini disebabkan karena minimnya angka kebocoran yang semakin ditekan.
.
Dari hasil evaluasi, penggunaan sistem HOTS ini harus dibiasakan sehingga siswa dapat beradaptasi dengan jenis soal yang ada. Oleh karena itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan bahwa soal dengan standar High Order Thinking Skill (HOTS) akan diteruskan di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun depan, tetapi jumlah soalnya masih belum diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UTBK Bukan Satu-Satunya Penentu Kelulusan SBMPTN

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) telah berakhir pada hari Minggu tanggal 26 Mei 2019 kemarin. Pengumuman sesi akhir ini direncakan sepuluh hari setelah pelaksanaan tepatnya pada hari Selasa tanggal 4 Juni 2019 mendatang. . Hasil nilai UTBK ini ternyata bukan satu-satunya patokan dalam pendaftaran kuliah melalui SBMPTN. Pasalnya, ada […]

Subscribe US Now