Beasiswa Ini Tawarkan Kuliah di Jepang Gratis Tanpa Ikatan Dinas

masukkampus

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) menawarkan beasiswa kepada siswa SMA dan sederajat jurusan IPA ke College of Technology (Koto Senmon Gakko) atau Kosen. Beasiswa ini mencangkup biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan), tunjangan hidup, tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, dan tanpa ikatan dinas.
.
Sebelum berkuliah di College of Technology, penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang di sekolah persiapan selama 1 tahun di Tokyo terlebih dahulu kemudian menyelesaikan masa studi kedepannya selama 4 tahun.
.
Persyaratan untuk bisa mengikuti beasiswa ini yaitu siswa dari lulusan sekolah formal tingkat SMA dan sederajat jurusan IPA lulusan tahun 2019 dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2020. Nilai rata-rata Ujian Nasional murni TANPA nilai bahasa Indonesia yang didapatkan harus minimal 80.
.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://register.beasiswamext.or.id/ yang telah dimulai sejak tanggal 13 Mei dan akan ditutup pada tanggal 27 Mei 2019 nanti. Setelah memperoleh e-mail konfirmasi, peserta harus melengkapi dan mengirimkan dokumen yang diperlukan dan diserahkan langsung ke Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan), Kedutaan Besar Jepang paling lambat tanggal 27 Mei 2019. Pengumuman hasil seleksi dokumen akan dilakukan pada tanggal 11 Juli 2019.
.
Seleksi selanjutnya yaitu ujian tulis dan wawancara. Pengumuman final dari MEXT akan dilakukan pada Januari 2020 dan jadwal berangkat ke Jepang yaitu pada awal April 2020. Informasi lengkap mengenai Beasiswa Kosen ini, baik kelengkapan dokumen, format fomulir dan lainnya dapat dilihat melalui laman resmi: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_kosen2020.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Program Studi Teknik Perminyakan Resmi Dibuka di Universitas Jember

Universitas Jember merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Jember, Jawa Timur. Melalui surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor: 1059/KPT/I/2018 tanggal 27 November 2018, Fakultas Teknik Universitas Jember ini resmi membuka program studi Teknik Perminyakan Program Sarjana. . Dalam proses pengusulan Prodi Teknik Perminyakan ini, […]

Subscribe US Now