Universitas Indonesia Perguruan Tinggi Indonesia Pertama Tembus Times Higher Education (THE)

masukkampus

Times Higher Education (THE) merupakan sebuah platform yang memberikan informasi berupa cakupan pendidikan tinggi global. Pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2019, THE merilis daftar pemeringkatan 417 perguruan tinggi pada 27 negara di wilayah Asia. Hasil pemeringkatan tersebut, didapati adanya perguruan tinggi Indonesia yang hampir menembus ranking 130 besar Asia.
.
Perguruan tinggi Indoneisa pertama yang berhasil menembus daftar pemeringkatan THE tersebut adalah Universitas Indonesia. Universitas tertua di Indonesia ini menempati peringkat ke 133 terbaik di Asia mengalahkan universitas di Malaysia dan Jepang.
.
Peringkat Universitas Asia THE 2019 ini didasarkan atas lima parameter luas seperti yang digunakan dalam pemeringkatan THE pada universitas dunia, yaitu pengajaran dengan bobot 25%; penelitian dan sitasi penelitian yang masing-masing berbobot 30%; diikuti oleh penjangkauan internasional dan kerja sama industri yang masing-masing membawa bobot 7,5%.
.
THE menyebutkan peringkat UI melaju naik dikarenakan skor pengajaran, riset dan industry outcomes. Adapun peringkat pertama di daftar pemeringkatan ini diisi oleh Tsinghua University (Tiongkok), disusul National University of Singapore (Singapura), dan Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong) di tiga besar.
.
Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menuturkan, capaian ini menjadi pemicu semangat UI untuk terus berkarya menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi dan diharapkan UI akan terus berkontribusi mencetak SDM unggul yang berdaya saing global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

LTMPT Mengharapkan UIN Menjadi Pusat UTBK di Tahun Ajaran Mendatang

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengaku kewalahan karena membludaknya minat siswa untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada tahun ini. LTMPT bahkan harus menambah kuota lagi bagi beberapa wilayah karena kuota yang sudah penuh namun masih harus menampung banyak pendaftar lagi. . Wakil Ketua 1 Lembaga Tes Masuk […]

Subscribe US Now