Tak Hanya UNBK Berikut Hal Penentu Kelulusan Sekolah

Pengumuman kelulusan siswa/i SMA sederajat dijadwalkan pada hari ini (Senin, 13 Mei 2019). Sejak tahun 2009, Mahkamah Agung (MA) telah menetapkan penghapusan UN sebagai penentu kelulusan. Pada tahun 2011-2012 pemerintah menetapkan proporsi penilaian 60 persen UN dan 40 persen ujian sekolah 40 persen sebagai penentu kelulusan. Kemudian, baru tahun 2015 UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan.
.
Pada awalnya, tahun ini Kemendikbud akan menjadikan ujian nasional (UN) untuk kembali menjadi syarat kelulusan siswa. Namun, banyak pihak yang menolak dengan alasan sangat merugikan peserta didik karena mereka jadi lebih stres dan menggantungkan harapan besar ke UN.
.
Setelah nilai UNBK diserahkan dari pusat ke satuan pendidikan, masing-masing sekolah memproses dengan mengakumulasikan nilai masing-masing siswa dengan berbagai kriteria kelulusan. Secara umum, hal yang biasa dijadikan indikator dan standar kelulusan mencangkup nilai UNBK, nilai ujian sekolah, nilai pelajaran (raport), dan penilain sikap atau perilaku siswa.
.
Namun dalam hal ini setiap sekolah memiliki kewenangan masing-masing untuk penentuan kelulusan melalui pembuatan surat keputusan (SK). Dalam SK itulah tercantum indikator dan standar kelulusan yang harus dicapai siswa.
.
Nah buat kamu yang hari ini pengumuman kelulusan, selamat ya! Jangan lupa tetap syukuri dengan hal positif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *