Masih Ada Kesempatan untuk UN Perbaikan bagi yang Belum Standar

masukkampus

Taklimat Media Hasil Ujian Nasional SMA/MA dan SMK 2019 disiarkan secara langsung melalui media sosial Instagram dan Facebook Kemendikbud pada hari Senin, 6 Mei 2019 lalu mulai pukul 14.00 WIB. Kemendikbud menyebutkan bahwa hasil rata-rata nilai Ujian Nasional 2019 untuk semua jenjang dan mata pelajaran ini mengalami peningkatan.
.
Kemendikbud berencana akan menganalisa secara komprehensif capaian hasil tersebut dan kedepannya akan dijadikan tolok ukur perencanaan program-program peningkatan mutu pembelajaran pada semua Dinas Pendidikan. Selain itu, Kemendikbud juga berharap pelaksanaan UNBK tahun depan bisa menjangkau semua titik yang saat ini belum terjangkau akses internet.
.
UNBK dianggap lebih efektik dan efisien dalam konteks waktu, energi, pikiran, dan biaya, sehingga kedepannya dapat menjadi pilihan ujian bagi gereasi mendatang. Terlebih, Kemendikbud juga akan terus meningkatkan kualitas dan komposisi soal dengan bercermin pada HOTS (Higher Order Thinking Skills).
.
Evaluasi lain juga menyebutkan perlu adanya Ujian Nasional Perbaikan (UNP) di tahun 2019. Pelaksanaan UNP 2019 ini diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan siswa yang memerlukan perbaikan hasil UN seperti contonya untuk memenuhi persyaratan melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. UNP 2019 ini direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 mendatang. Namun hingga saat ini belum ada yang mengumumkan lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tak Hanya UNBK Berikut Hal Penentu Kelulusan Sekolah

Pengumuman kelulusan siswa/i SMA sederajat dijadwalkan pada hari ini (Senin, 13 Mei 2019). Sejak tahun 2009, Mahkamah Agung (MA) telah menetapkan penghapusan UN sebagai penentu kelulusan. Pada tahun 2011-2012 pemerintah menetapkan proporsi penilaian 60 persen UN dan 40 persen ujian sekolah 40 persen sebagai penentu kelulusan. Kemudian, baru tahun 2015 […]

Subscribe US Now