Fenomena Tren Peminatan Prodi Revolusi Industri 4.0 Masih Rendah di Generasi Z

masukkampus

Tahun 2019 ini, generasi Z yang sudah sangat akrab dan cakap dalam memanfaatkan teknologi akan melanjutkan strata pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi. Beriringan dengan perkembangan itu, termasuk adanya Revolusi Industri 4.0, dunia Perguruan Tinggi di Indonesia pun harus menghadapi sebuah tantangan baru.
.
Perguruan Tinggi berupaya memenuhi kebutuhan untuk menyediakan program studi yang relevan dengan perkembangan zaman. Salah satu di antaranya adalah Ilmu Aktuaria, ilmu mengenai pengelolaan risiko keuangan yang mengombinasikan ilmu matematika, statistika, dan komputer, yang saat ini telah dibuka di sekitar 5 perguruan tinggi nasional ternama, yakni Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Gadjah Mada. Selain itu terdapat juga Program Bisnis Digital di Universitas Padjajaran yang dibuka pada tahun 2018 lalu.
.
Namun, upaya yang dilakukan justru belum mencerminkan tren yang sedang terjadi. Faktanya, program studi dengan peminatan tertinggi di Indonesia masih didominasi oleh Kedokteran, Ilmu Hukum, Manjemen, dan Komunikasi.
.
Fenomena transformasi digital yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir justru tidak lantas menjadikan program-program studi dengan fokus pada isu-isu digital dan teknologi menjadi favorit para calon mahasiswa baru. Padahal, meskipun peminatnya belum setinggi prodi-prodi tradisional, namun program studi ini memiliki prospek peningkatan pada tahun tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KEMENDIKBUD Berikan Nilai Nol Bagi Siswa yang Curang Saat Pelaksanaan UNBK 2019

Konfrensi pers hasil UNBK 2019 di kantor Kemendikbud, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang dilaksanakan hari Selasa, 7 Mei 2019 membahas mengenai isu kecurangan UNBK 2019. Menurut Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Muchlis R. Luddin, isu kebocoran sudah lewat dan tidak mungkin terjadi lagi, tetapi isu yang terjadi dominan pada […]

Subscribe US Now