Kenali Empat Jalur Masuk IPB Selain SNMPTN dan SBMPTN

masukkampus

IPB termasuk PTN favorit yang banyak diminati. Menurut laman admisi.ipb.ac.id, terdapat empat jalur masuk untuk menjadi bagian dari civitas akademika IPB selain melalui SNMPTN atau SBMPTN. Jalur lainnya yaitu Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB), Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), Jalur Ketua OSIS, dan Beasiswa Utusan Daerah.
.
UTM IPB adalah Program Sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian. Terdapat dua metode seleksi yaitu melalui ujian tulis yang dilaksanakan oleh IPB atau menggunakan skor UTBK. Calon mahasiswa harus memilih salah satu dari dua metode itu. Materi ujian meliputi TKPA dan TKD Saintek. Pendaftaran dilaksanakan secara online mulai 21 Mei hingga 9 Juli 2019. Pelaksanaan ujian pada tanggal 13 Juli 2019 sedangkan pengumumannya pada tanggal 20 Juli 2019.
.
PIN merupakan jalur yang memberikan kesempatan kepada lulusan SLTA berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler. Pendaftaran dilakukan secara online mulai 12 April hingga 24 Mei 2019. Seleksi dilaksanakan selama 27 Mei hingga 2 Juni 2019. Acuan seleksi didasarkan pada jenis prestasi pada lomba yang diikuti dan prestasi akademik (rapor). Pengumuman seleksinya akan dijadwalkan pada 12 Juli 2019.
.
Jalur ketua OSIS ditujukan bagi yang pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA. Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 12 April hingga 24 Mei 2019. Seleksi dilaksanakan selama periode 27 Mei hingga 2 Juni 2019 dan diumumkan pada 12 Juni 2019.
.
Terakhir adalah BUD, jalur penerimaan yang dibiayai pemerintah pusat yang bila telah lulus diharapkan kembali ke daerahnya untuk membangun daerah. Pendaftaran dilakukan secara kelembagaan oleh pemerintah.
.
Jadi calon IPB-ers mau masuk lewat jalur mana nih?😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Prodi D3 Vokasi UGM Tidak Dibuka Lagi Penggantinya Tak Kalah Keren

Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) adalah pendidikan vokasi seperti politeknik yang mengedepankan keterampilan yang terlatih. Tahun 2019 ini, secara resmi SV UGM menyatakan tidak lagi menerima calon mahasiswa Diploma 3 (D3). Namun mahasiswa D3 yang saat ini masih menyelesaikan masa studinya akan tetap diluluskan. Pertimbangnnya dikarenakan atas masalah […]

Subscribe US Now