Kenali Empat Tahapan Seleksi IPDN Tahap Terakhir Paling Berat!

masukkampus

Pendaftaran sekolah kedinasan akan ditutup pada tanggal 30 April 2019. Pendaftaran sekolah kedinasan ini merupakan salah satu jalur untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Saat ini terdapat sebanyak 19 sekolah kedinasan yang dibuka pendaftarannya. Salah satu yang menjadi favorit adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).
.
IPDN menempati urutan kedua dengan pendaftar terbanyak yaitu 23.719 calon taruna per 23 April 2019. Pendaftar tersebut bisa bertambah seiring semakin dekatnya dengan waktu penutupan. Dikabarkan pada tahun ini, IPDN hanya akan menerima sebanyak 1.700 orang.
.
Berdasarkan pengumuman Nomor 810/607/IPDN yang diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri, terdapat empat tahapan yang harus dilalui pelamar sebelum menjadi praja IPDN.
.
Tahap pertama, para peserta yang sudah melakukan pendaftaran dan dinyatakan lolos verifikasi akan melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT). Pada tahap kedua, para pelamar akan menjalani tes kesehatan daerah. Kemudian pada tahap ketiga, pelamar akan melaksanakan tes psikologi, integritas, dan kejujuran. Pada tahap terakhir, peserta akan malaksanakan tes pantukhir yang meliputi tes kesehatan, tes kesamaptaan, wawancara, dan pemeriksaan penampilan, yang seluruh rangkaian tes pantukhir dilaksanakan di kampus IPDN Jatinangor.
.
Untuk tes kesamaptaan merupakan tes fisik atau tes kesehatan meliputi lari, push up, sit up, pull up dan chining, dan shuttle run. Untuk lari dilakukan selama 12 menit bagi pria dengan minimal jarak tempuh 1200 meter. Sedangkan untuk wanita lari lebih lama 2 menit yakni 14 menit dengan minimal jarak tempuh 1200 meter. Untuk push up, laki-laki sebanyak 35-40 kali, dan standar push up untuk wanita antara 30-35 dengan waktunya sekitar 1 menit. Kemudian sit up, standar untuk laki-laki 35-40 kali, standar untuk wanita 30 kali dengan waktu 1 menit. Untuk pull up, standar untuk laki-laki 10 kali.
.
Nah gimana nih calon praja IPDN? Sudah siap melewati tahap-tahap itu? Semoga berhasil ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ingin Kuliah di Jepang ? Berikut Beasiswa dari Pemerintah Jepang Bagi Siswa SMA untuk studi 2020

Banyak langkah yang bisa dilakukan bagi siswa SMA/sederajat untuk mewujudkan impian-impiannya. Salah satunya yaitu melanjutkan studi di luar Indonesia. . Pemerintah Jepang memberikan tawaran menarik berupa beasiswa kepada siswa/i Indonesia lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan Pendidikan ke berbagai perguruan tinggi di Jepang untuk tahun akademik 2020. . Menurut Konsulat Jenderal Jepang […]

Subscribe US Now