Ingin Tau Posisi Nilaimu di Hasil UTBK ? Simak Cara Berikut Ini!

masukkampus

Pengumuman hasil UTBK gelombang I yang diadakan pada tanggal 13 dan 14 April 2019 sudah resmi dirilis oleh LTMPT pukul 10.00 WIB tadi. Peserta dapat mengakses di laman resmi dengan cara log in menggunakan username dan password yang digunakan saat mendaftar.
.
Selain itu dalam laman resmi LTMPT juga dirilis mengenai rekapitulasi hasil atau nilai UTBK berdasarkan kelompok ujian saintek maupun soshum. Nilai yang tercantum pada masing-masing pengumuman yang dapat dilihat peserta maupun yang tertera di laman LTMPT tersebut dijabarkan berdasarkan subtest yang diujikan.
.
Ada cara yang bisa dilakukan jika ingin melihat posisi nilai masing-masing subtest dari nilai yang dijabarkan tersebut. Cara ini menggunakan metode normalisasi rentang dengan rumus min-max normalization.
.
Posisi nilai = (nilai – nilai minimal) / (nilai maksimal – nilai minimal) * 100%
.
Perlu diingat bahwa, cara ini hanya bisa digunakan untuk melihat posisi dalam masing-masing subtest, bukan secara keseluruhan. Nilai minimal dan nilai maksimal bisa dilihat dalam laman resmi LTMPT bagian lampiran.
.
Hal penting lainnya adalah hasil posisi yang didapat ini tidak bisa dijadikan tolok ukur lulus atau tidaknya pada SBMPTN. Persentase posisi ini hanya bisa mengetahui sejauhmana hasil yang sudah berhasil dicapai pada setiap subtestnya.
.
Presentase posisi hasil ini bisa menjadi gambaran mengenai subtest manakah yang selanjutnya harus ditingkatkan. Tapi ingat, hal ini juga bisa berbeda tergantung nilai minimal dan maksimal pada test gelombang lainnya.
.
Bagaimana? Sudah bisa menghitung dan melihat posisi kamu? Semangat terus sampai SBMPTN ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hal Penting yang Harus Kamu Tahu Sebelum Masuk Kuliah

Buat kamu yang telah diterima di kampus impian, Selamat ya! Akhirnya kamu akan merasakan rasanya menjadi mahasiswa. Sebelum kamu mulai aktif berkuliah, perlu diketahui bahwa dunia perkuliahan berbeda dengan saat di sekolah dulu. Jadi ada baiknya kamu menyiapkan beberapa hal sebelum memulai masuk kuliah. Yuk simak beberapa tips persiapan sebelum […]

Subscribe US Now