Hati-hati! Lulus tapi Tak Diambil, Peserta SNMPTN 2019 Dikenakan Sanksi

masukkampus

Berita yang diterbitkan oleh tempo.co mengatakan bahwa pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2019 harus mempertimbangkan matang pilihan jurusan kuliahnya di perguruan tinggi negeri. Peserta, yang lolos seleksi namun tidak diambil, akan mendapat sanksi. Hukuman ini juga dijatuhkan pada sekolah asalnya.
.
.
Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad mengatakan sanksi terkait dengan pelaksanaan tes tertulis jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Yang bersangkutan tidak bisa ikut SBMPTN dan sekolah mendapat teguran,” katanya pada tempo.co
.
.
Aturan masuk perguruan tinggi negeri, hanya peserta yang tidak lolos SNMPTN bisa ikut ujian tertulis SBMPTN. Kesempatan pamungkas lewat jalur seleksi mandiri.
.
.
Namun jika sudah lolos SNMPTN atau SBMPTN, peserta dilarang ikut Seleksi Mandiri meski dengan berbagai alasan, seperti misalnya ikut lagi karena tidak sreg dengan pilihannya. “Kalau mau nekad mendaftar seleksi mandiri boleh saja, tapi tidak akan diseleksi karena data peserta lulus SNMPTN atau SBMPTN sudah kami pegang,” kata Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Mindriany Syafila.
.
.
Selain itu, sekolah yang terbukti melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN pada tahun berikutnya. Siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN dan terbukti melakukan kecurangan pun akan dibatalkan status kelulusannya.
.
.
Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Bagi siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.
.
.
Nantinya siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. Bagi siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung. Pengumuman hasil seleksi SNMPTN dijadwalkan 23 Maret 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

SNMPTN Semakin Ketat. Sekitar 381.070 Pendaftar Pasti Dinyatakan Gagal

Pada Tahun 2019, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo, menjelaskan terdapat 2.330.433 orang siswa SMA yang akan lulus. Dari jumlah tersebut, terdapat 778.891 orang boleh mendaftar di SNMPTN dan ternyata hingga penutupan SNMPTN kemarin hanya 478.070 orang yang telah di finalisasi. . . “Dari total pendaftar SNMPTN 2019, persaingan bakal […]

Subscribe US Now