Mendikbud Ingin Ketentuan Akreditasi Sekolah Pada SNMPTN Dihapus

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, semestinya sistem seleksi di jalur SNMPTN tidak perlu dibatasi dengan kuota. Hal ini menurutnya untuk menyetarakan kesempatan bagi seluruh siswa di seluruh sekolah.
.
.
“Ya, memang semestinya tidak ada kuota. Semua sekolah punya peluang,” katanya di kantor Kemendikbud, Jakarta, kemarin. (via okezone . com )
.
.
Mendikbud menjelaskan sudah ada tim dari Kemendikbud yang akan membahas hal ini dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti). Diharapkan akreditasi sekolah yang saat ini yang menjadi patokan presentasi kuota SNMPTN bisa dievaluasi.
.
Mendikbud menyampaikan bahwa proses SNMPTN ini bisa dilakukan melalui nilai rapor saja. Kemendikbud juga berkeinginan bahwa nilai rapor itu bisa dipermanenkan masuk ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sehingga, Kemenristek-Dikti pun tidak perlu menunggu pendaftaran sebab bisa mencari calon peserta dengan nilai rapor terbaik di Dapodik.
.
.
“Jadi nanti Kemenristek-Dikti tidak perlu lagi menunggu pendaftaran. Cukup diakses dari Dapodik siapa yang lulus rangking raportnya,” jelasnya.
.
Menambahkan hal tersebut, Muhadjir menjelaskan, Dapodik juga bisa merekam data prestasi siswa. Bukan hanya prestasi akademik namun juga jalur lain seperti bidang kesenian, olahraga dan juga keterampilan khusus lainnya.
.
Bagaimana menurut kamu, setujukah dengan hal ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kemenag Promosikan PTKIN untuk Pilihan Perguruan Tinggi Siswa

Menjelang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 siswa telah mulai mempertimbangkan perguruan tinggi yang hendak dipilih. Selain perguruan tinggi negeri yang populer, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) juga bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan jenjang studi . Akun resmi Instagram Kementerian Agama ( Kemenag) RI, @Kemenag_RI kemudian mengunggah […]

Subscribe US Now