Jenis Materi yang akan Diuji saat SIMAK UI

masukkampus

Universitas Indonesia menggelar Konferensi Pers Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2019 pada Selasa (8/1/2019) di Gedung Pusat Administrasi UI kampus Depok. Konferensi ini diadakan dalam rangka memberikan sosialisasi informasi kepada calon mahasiswa yang berniat mendaftarkan diri di UI.
.
Pada konferensi, disampaikan bahwa seleksi masuk UI Tahun 2019 dibagi kedalam 2 jalur yakni Undangan dan Tulis.
.
Jalur undangan diberikan kepada sekolah-sekolah tertentu saja, hanya sekolah yang diundang yang dapat mengirimkan siswanya untuk mendaftar jalur undangan (tanpa tes). Namun siswa yang didaftarkan tetap akan di seleksi.
.
Untuk jalur tulis, peserta akan di seleksi mirip SBMPTN yakni TKA yang meliputi materi rumpun Saintek dan Soshum, kemudian TPS yang meliputi kemampuan kognitif siswa, logika, nalar, dan kemampuan umum.
.
Kedua, seleksi SIMAK UI (Jalur Mandiri) kemampuan IPA akan menguji pula kemampuan Matematika, IPA, Biologi, Kimia, Fisika. Untuk kemampuan IPS akan menguji kemampuan siswa di bidang Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi.
.
Seluruh siswa yang mendaftar IPA atau IPS akan mendapat tes kemampuan dasar seperti Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Pada simak UI juga peserta harus mengumpulkan Esai.
.
Ketiga, bagi pelamar SIMAK untuk kelas Internasional akan diuji tentang Mathemathic for natural sciences, Biology, Physic, Chemsitry. Social Sciences: Basic Mathemathic, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology. Khusus KKI Kedokteran akan mengikuti tes tambahan SJT (Social Judgement Test) dan wawancara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UTBK akan Bantu Kurangi Potensi Mahasiswa Drop Out

SBMPTN dengan sistem terbaru yakni UTBK selain bertujuan untuk memudahkan siswa memilih jurusan maupun fakultas dengan nilai yang nantinya mereka terima, ternyata SBMPTN ini juga menguntungkan siswa dalam mengetahui potensi diri mereka sehingga akan mengurangi kemungkinan drop out saat perkuliahan nantinya. . . Mekanisme UTBK yang baru akan mengizinkan calon […]

Subscribe US Now