Anak Nakal Cenderung Sukses di Masa Depan, Apa Benar?

masukkampus

Sebuah penelitian kolaboratif antar Free University of Berlin (Jerman), University of Luxembourg, dan University of Illionis at Urbana-Champaign, Amerika Serikat dilakukan untuk mengamati 745 anak. Pengamatan ini dilakukan selama 42 Tahun.
.
.
Menurut artikel yang ditulis oleh Yohanes Enggar Harususilo untuk kompas.com, Penelitian ini pertama kali dilakukan yakni tahun 1968, saat anak berusia 12 tahun. Penelitian itu berfokus pada aspek kecerdasan, perilaku, dan status sosio-ekonomi. Pada tahun 2008, saat anak-anak itu berusia 54 tahun, para peneliti kembali mengamati dan menguji anak-anak tersebut untuk melihat apakah perilaku mereka saat anak-anak berpengaruh terhadap kondisi masa depan mereka.
.
.
pada tulisan yang dimuat dalam Development Psychology dan dilansir Woman’s Day, para peneliti itu menemukan bahwa anak-anak yang saat masa kecilnya cenderung nakal mempunyai kehidupan yang sukses saat dewasa.
.
.
Selain itu, anak-anak sulit diatur sewaktu kecil akan memiliki penghasilan lebih banyak dibandingkan dengan anak penurut. Analisis para peneliti, sikap melawan atau menantang seorang anak saat kecil membuatnya lebih gesit dalam mencari peluang saat dewasa. Artinya, mereka cenderung akan mencari pekerjaan penuh tantangan yang berpotensi mendapatkan penghasilan besar.
.
.
Penelitan menunjukkan, ternyata bila waktu kecilnya sering memberontak, seseorang ternyata akan memiliki semangat tinggi membuktikan bahwa mereka bisa menjadi orang sukses.
DIkutip dari forum Sahabat Keluarga Kemendikbud, para orangtua disarankan bijaksana dan dapat memberikan penjelasan dengan pelan agar anak mengerti. Selanjutnya, orangtua berbicara tentang perilaku yang harus atau tidak boleh dilakukan.
.
.
Nah siapa nih yang anak nakal?
.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jenis Materi yang akan Diuji saat SIMAK UI

Universitas Indonesia menggelar Konferensi Pers Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2019 pada Selasa (8/1/2019) di Gedung Pusat Administrasi UI kampus Depok. Konferensi ini diadakan dalam rangka memberikan sosialisasi informasi kepada calon mahasiswa yang berniat mendaftarkan diri di UI. . Pada konferensi, disampaikan bahwa seleksi masuk UI Tahun 2019 dibagi kedalam […]

Subscribe US Now