Kurang Keterampilan, Puluhan Juta Orang Menganggur Tiap Bulan

masukkampus

Berdasarkan berita karya Yohanes Enggar Harususilo yang diterbitkan oleh Kompas.com, terdapat sekitar puluhan juta orang menganggur tiap bulannya. Hal ini didasari atas laporan World Economic Forum (WEF) yang disampaikan Executive Director UNICEF, Henrietta H. Fore. Terdapat 1,8 miliar orang berusia 10-24 di bumi dan setiap bulannya sekitar 10 juta anak muda mencapai usia kerja dan siap memasuki masa produktif. Beberapa akan melanjutkan pendidikan namun aka nada pula yang akan melamar pekerjaan. Sayangnya, dunia kerja tidak membuka 10 juta lapangan pekerjaan tiap bulannya sehingga setidaknya ada 71 juta orang muda menganggur di seluruh dunia.
.
Menurut Henrietta H. Fore, salah satu penyebab hal ini ialah adanya ketidakcocokan yang dramatis antara keterampilan yang dimiliki dengan lapangan kerja yang ada. Ketidak sesuaian antara pendidikan mereka dengan tuntutan pasar kerja saat ini.
.
Untuk itu, kepada generasi selanjutnya yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi maupun sedang menuntut ilmu, jangan lupa untuk mengasah keterampilan guna mempermudah kalian diterima di perusahaan yang kalian inginkan. Beberapa keterampilan dasar yang harus dimiliki ialah :
• literasi baca dan berhitung, idealnya melalui pendidikan berkualitas selama 12 tahun
• Mereka membutuhkan keterampilan yang dapat ditransfer, seperti kemampuan memecahkan masalah, membangun kepercayaan diri, kolaborasi, dan komunikasi
• Mereka membutuhkan keterampilan khusus pekerjaan, seperti pertukangan, coding, akuntansi, teknologi hijau, pertanian, atau teknik modern sesuai dengan pekerjaan yang dilamarnya.
• Mereka semakin membutuhkan keterampilan kewirausahaan , terutama di negara-negara berpenghasilan rendah, di mana sektor informal dominan.
• Kelima, mereka jelas membutuhkan keterampilan digital untuk berpartisipasi dalam ekonomi global, yang didorong oleh teknologi informasi dan komunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mesin Dapat Gantikan Pekerjaan Lulusan Perguruan Tinggi dan Politeknik

Bapak Mohamad Nasir Selaku Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyampaikan bahwa mahasiswa harus memiliki sikap adaptif terutama pada revolusi Industri 4.0 . Dalam era ini, sangat besar kemungkinan mesin akan menggantikan pekerjaan lulusan perguruan tinggi sekalipun, terutama lulusan perguruan tinggi politeknik. Mahasiswa harus dididik pengetahuan dan keterampilan yang belum […]

Subscribe US Now