Tertarik Mempelajari Kopi? IPB akan Buka Sekolah Kopi Tahun 2019

Sekolah kopi memang merupakan trend yang sedang berkembang di masyarakat. Setiap tahunnya, terjadi peningkatan terhadap minat masyarakat mempelajari teknik pengolahan kopi yang tepat.
.
Sekolah kopi yang tengah digarap oleh IPB bekerja sama dengan Rumah Kopi Ranin Bogor. Disini mereka dapat mempraktikkan ilmu secara langsung sebagai barista professional. Rencananya IPB akan menyediakan Kopi Corner awal 2019. Saat ada acara wisuda atau event IPB lainnya, Kopi Corner hadir menyediakan berbagai jenis kopi dari para barista muda lulusan sekolah Kopi IPB.
.
Kasubdit Pengembangan Karakter dan Karier IPB Handian Purwawangsa mengakui, di sektor pertanian, kopi menjadi primadona. Seiring dengan peningkatan permintaan, kawasan hutan kini banyak ditanami kopi. Melihat kondisi inilah, IPB ingin memberikan nilai tambah agar kualitas produksi kopi bisa maksimal.
.
”Kami berpikir, panen melimpah, tapi pengelolaannya masih belum tepat akan jadi permasalahan sendiri nantinya,” tuturnya.
.
Untuk dapat diterima sebagai siswa di sekolah kopi ini, ada sejumlah tes yang harus dilalui diantaranya tes administratif, tes tertulis, dan uji cita rasa. Sekolah Kopi akan digarap lebih serius, termasuk kemungkinan Sekolah Kopi akan setara dengan D-3. .
Pendiri Rumah Kopi Ranin Uji Sapitu mengungkapkan, tujuan Sekolah Kopi didirikan agar generasi muda dapat membangun imajinasi yang mungkin selama ini di pendidikannya tidak menggunakan imajinasi. Terdapat banyak profesi yang bisa dipelajari dalam sekolah kopi ini. Seperti kurator, yakni suatu pekerjaan yang mendesain biji kopi sehingga biji kopi diinginkan pasar atau masyarakat.
.
.
”Saya mendengar dari Pak Rektor IPB bahwa tahun depan akan menjadi program konsentrasi di sekolah vokasi. Tentu ini merupakan langkah strategis karena kita termasuk negara penghasil kopi terbaik dunia,” ujarnya
.
.
Sementara itu, Arier Wardana, 21, mengaku beruntung menjadi satu dari hampir 10 mahasiswa IPB yang diterima di Sekolah Kopi. Bersama sembilan mahasiswa lainnya yang terpilih, dia berkesempatan belajar mengenai seluk beluk kopi juga meraciknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *