Pilihan Prodi Baru Yang Bisa jadi Bahan Pertimbangan Kamu Part – 1

masukkampus

elah banyak jurusan yang tersedia untuk seluruh siswa SMA yang hendak mengikuti SBMPTN 2019. Selain sejumlah jurusan-jurusan lama yang memang telah beredar, beberapa tahun belakangan ini perguruan tinggi khususnya negeri memang sedang gencar menciptakan jurusan baru yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan di Era Milenial.
Beberapa jurusan baru yang dapat kamu perhitungkan untuk dipilih pada SBMPTN 2019 nanti ialah :
.
1. Ilmu Aktuaria
Seperti yang akhir-akhir ini sering masukkampus_news sampaikan bahwa Program Studi Aktuaria telah dibuka di beberapa kampus yang termasuk kedalam kategori kampus ternama di Indonesia seperti IPB dan UI. Untuk selanjutnya, Aktuaria juga akan dibuka di UGM pada SBMPTN 2019. Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu aktuaria merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Di luar negeri profesi aktuaris termasuk kelompok profesi elit dengan gaji sangat besar. Di dalam negeri pun demikian.
.
2. Teknik Biomedis
UI membuka jurusan Teknik Biomedis dan jurusan ini termasuk kedalam ranah SAINTEK. Melihat dari kebutuhan tenaga medis yang meningkat setiap tahunnya, membuat pihak Universitas Indonesia mengambil keputusan untuk membuka program studi baru yakni Teknik Biomedis. Prodi teknik biomedis fokus pada desain peralatan medis, rehabilitasi, dan teknologi bantuan untuk orang-orang berkebutuhan khusus. Bagi kalian yang ingin berkuliah di jurusan dengan kaitan ilmu medis namun merasa jika kedokteran terlalu berat, kalian dapat mempertimbangkan jurusan ini.
.
3. Teknik Kelautan
Indonesia merupakan negara maritim. Oleh karena itu pendidikan di bidang kelautan sudah selayaknya di kembangkan. Beberapa perguruan tinggi memang beberapa telah membuka prodi yang mempelajari Teknik Kelautan. Institut Teknologi Sumatera atau ITERA membuka prodi ini sejak tahun 2018. Teknik Kelautan mempelajari tentang infrastruktur dan pengelolaan wilayah tepi laut. Mengingat bahwa laut Indonesia sangatlah luas, maka akan selalu ada lapangan kerja bagi lulusannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tertarik Mempelajari Kopi? IPB akan Buka Sekolah Kopi Tahun 2019

Sekolah kopi memang merupakan trend yang sedang berkembang di masyarakat. Setiap tahunnya, terjadi peningkatan terhadap minat masyarakat mempelajari teknik pengolahan kopi yang tepat. . Sekolah kopi yang tengah digarap oleh IPB bekerja sama dengan Rumah Kopi Ranin Bogor. Disini mereka dapat mempraktikkan ilmu secara langsung sebagai barista professional. Rencananya IPB […]

Subscribe US Now