Apakah Bedanya Jurusan Ilmu Murni dan Ilmu Terapan

masukkampus

Saat memilih jurusan kuliah kalian mungkin akan mendengar istilah Ilmu Murni dan Ilmu Terapan. Sebenarnya apakah maksud dari keduanya? Ilmu Pengetahuan Murni dan Ilmu Terapan memiliki pengertian yang berbeda. Namun, keduanya berhubungan satu sama lain.
.
.
Ilmu Pengetahuan Murni atau Basic Science berfokus kepada teori yang bertujuan untuk menemukan pengetahuan baru. Misalnya meneliti mengenai rambut manusia dan menemukan hal baru seputar objek penelitian tersebut. Contoh dari ilmu murni ialah Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi. Ilmu murni sering disebut IPA atau ilmu pengetahuan dasar.
.
.
Ilmu Terapan menempatkan teori kedalam praktek dengan tujuan mencari solusi dari sebuah masalah. Misalkan, rambut dapat berketombe. Oleh karena hal tersebut ilmu terapan mempelajari bagaimanakah untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut.
.
.
Melalui Ilmu Pengetahuan Terapan ini kita mendapatkan berbagai produk dan layanan baru, tetapi perkembangan ini berawal mula dari kemajuan dalam Ilmu Pengetahuan Murni. Beberapa contoh jurusan ilmu terapan yaitu : mikrobiologi, statistika, epidemiologi genetic, dsb.
Perlu diketahui juga bahwa pada seleksi perguruan tinggi jurusan ilmu murni cenderung lebih mudah didapat dibandingkan jurusan ilmu terapan. Hal ini diakibatkan karena peminatnya lebih sedikit.
.
.
Bagaimana? kamu tertarik untuk memilih jurusan Ilmu Murni atau Terapan nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pilihan Prodi Baru Yang Bisa jadi Bahan Pertimbangan Kamu Part - 1

elah banyak jurusan yang tersedia untuk seluruh siswa SMA yang hendak mengikuti SBMPTN 2019. Selain sejumlah jurusan-jurusan lama yang memang telah beredar, beberapa tahun belakangan ini perguruan tinggi khususnya negeri memang sedang gencar menciptakan jurusan baru yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan di Era Milenial. Beberapa jurusan baru yang dapat […]

Subscribe US Now