Keputusan Yang Harus Diambil Apabila Kamu Salah Jurusan

masukkampus

Pada berita kali ini admin ingin sedikit lebih luwes yah. Jadi nggak formal-formal banget gitu, hoho.
.
Salah jurusan saat berkuliah memang sangat mungkin terjadi. Apabila kamu merasa telah salah jurusan baik itu di SMA maupun di dunia perkuliahan, percayalah kamu tidak sendiri. Mungkin orang lain yang sedang membaca berita ini juga sedang merasa salah jurusan. Atau mungkin, admin yang membuat berita ini juga ternyata sedang salah jurusan? Who knows. Hehe
.
.
So now, what should we do kalau ternyata kita sedang berada di jurusan yang salah? Tidak mudah memang untuk menentukan keputusan dalam masalah ini.
.
.
Pertama, apakah kamu sekarang sedang dalam semester awal, tengah, atau semester akhir? Apabila kamu sedang berada di semester awal maka tidak masalah untuk berpindah ke jurusan lain. Kamu masih bisa mengikuti sbmptn dan tidak tertinggal terlalu jauh dengan teman-teman seangkatanmu. Selain itu, ukt yang kamu bayarkan juga belum terlalu banyak karena masih di semester awal
.
.
Kedua, apabila kamu berada pada semester tengah, kamu harus pertimbangkan lagi apakah tidak masalah jika kamu kembali mengulang semuanya dari awal ? kamu akan mengulang hal yang kamu lakukan selama 2 tahun lalu. Kamu masih punya kesempatan untuk SBMPTN pada semester 4 jadi tidak masalah.
.
.
Ketiga, saat telah berada di semester akhir namun kamu merasa salah jurusan, sebaiknya kamu urungkan niat kamu untuk pindah jurusan. Why? Karena kamu sudah terlanjur berkecimpung di jurusan ini selama 3 tahun dan yang perlu kamu lakukan tinggal sedikit lagi. Apalagi jika kamu sudah memasuki semester 6 keatas.
.
.
Tidak masalah salah jurusan. Pada kenyataannya di dunia kerja pun tidak selalu seorang pegawai bank dari jurusan akuntansi. Jurusan teknik industry dapat bekerja sebagai manajer restaurant, dsb.
Ditambah lagi jika biaya ukt kamu selama ini bukan bantuan dari beasiswa maka sangat disayangkan jika kamu memilih untuk pindah jurusan.
.
Dibanding mengulang lagi, kamu lebih baik mengambil mata kuliah tambahan sesuai dengan yang kamu suka. Di beberapa kampus mata kuliah tambahan ini masuk kedalam “supporting course”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

UTBK dan SBMPTN? Apakah Perbedaan Keduanya?

Mungkin masih banyak yang belum memahami apakah sebenarnya perbedaan dari UTBK dan SBMPTN. Seja akhir bulan Desember 2018, banyak yang menanyakan perihal kedua hal tersebut sampai saat ini. Untuk kamu yang memang belum mengetahui atau ternyata belum terlalu jelas memahami keduanya, admin akan jelaskan perbedaan UTBK dan SBMPTN ini secara […]

Subscribe US Now