Berpikir Untuk Gap Year? Pastikan Hal Berikut ini

masukkampus

Gladiators, pernahkan kalian terbesit untuk Gap Year? Atau jangan-jangan kamu sama sekali belum tau apa itu Gap Year ?
.
.
Jika memang demikian, nampaknya admin harus menjelaskan terlebih dahulu sedikit mengenai hal ini. Singkatnya, Gap Year adalah istilah bagi para siswa yang telah lulus dari SMA namun memutuskan untuk tidak langsung melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
.
.
Kira-kira apakah yang menyebabkan mereka mengambil Gap Year ? buruk atau baik kah Gap Year itu? Perlu diketahui bahwa tidak selamanya Gap Year diambil saat siswa tidak berhasil masuk Perguruan Tinggi manapun. Mereka yang memilih untuk Gap Year biasanya memiliki alasan kuat dan prinsip yang lebih matang.
.
.
Pertama, saat kamu memilih untuk Gap Year pastikan jika kamu memang melakukannya dengan alasan yang jelas. Misal, kamu mantap secara minat, bakat, mental dan finansial untuk masuk jurusan kedokteran namun karena kamu tidak diterima di kampus dengan akreditasi A, kamu memutuskan untuk mengundur niat tersebut dengan mempersiapkan diri dan mengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya. Alasan lain juga bisa kamu pertimbangkan jika memang Gap Year merupakan solusi terbaik dari masalah yang sedang kamu hadapi
.
.
Kedua, 1 tahun bukan waktu yang lama namun tidak singkat pula. Kamu harus menyusun timeline apa saja yang akan kamu lakukan selama periode Gap Year tersebut. Hal ini harus disusun secara matang agar kamu tidak terlena dan menjadi santai.
.
.
Ketiga, saat tahun ini kamu gagal diterima pada PTN favorit dan memutuskan untuk Gap Year, kamu harus lebih matang untuk mempersiapkan SBMPTN di tahun depan. Mengapa? Karena mungkin kamu gagal pada tahun sebelumnya akibat tidak memiliki cukup waktu. Itu tandanya jika menjadi Gap Year tidak ada lagi alasan seperti ini pada tahun selanjutnya.
.
.
Keempat, yakinkan orang tua jika Gap Year itu bukanlah sebuah aib. Tidak melakukan sebuah hal seperti kebanyakan orang lainnya bukan berarti kamu buruk. Bisa jadi kamu malah lebih matang kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Atasi Ketakutan Kuliah Karena Alasan Finansial, Kampus Punya Banyak Beasiswa

Memutuskan untuk masuk ke Perguruan tinggi memang perlu persiapan yang matang. Salah satunya ialah kesiapan finansial. Biaya kuliah memang cukup mahal ditambah lagi jika kalian memutuskan untuk merantau. . . Pimpinan Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan Sutan Adil Hendra (7/7) tidak menampik anggapan mahalnya biaya perkuliahan di perguruan […]

Subscribe US Now