Tips Agar Mantap Memilih Jurusan Kuliah – Part 1

masukkampus

Memilih jurusan memang dapat dikatakan sebuah hal yang sangat sulit dilakukan. Bahkan, jauh lebih sulit daripada menentukan jodoh. Apabila jodoh dapat kamu pasrahkan pada Tuhan dan tunggu hingga datang dengan sendirinya, tidak demikian halnya dengan jurusan. Kamu harus memilih sebelum pendaftaran ditutup. (udah serius belum kesannya?)
.
.
Nah, dalam memilih jurusan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan baik-baik. Hal ini sangat berpengaruh dalam hasil SMPTN kamu nantinya.
.
1. Hal klasik. Pilihlah jurusan yang memang benar-benar sesuai dengan kamu. Jurusan tidak disesuaikan dengan kesukaan atau impian tertunda dari kedua orang tuamu. Jurusan tidak diwariskan, kamu memilih sendiri kelak akan jadi apa. Namun jangan lupa, pertimbangkan juga saran dari orang tua apabila itu memang BENAR ADANYA. Tidak selamanya pilihan orang tua itu benar namun tidak selamanya pula kamu PALING TAU SEGALANYA.
.
.
2. Akreditasi kampus sangat berperan penting. Kamu bisa memilih jurusan sesuai dengan yang kamu mau, namun pastikan bahwa jurusan itu memiliki akreditasi yang baik. Apabila jurusan itu merupakan jurusan baru silahkan lihat dari track record PTN/PTS nya. Apabila perguruan tinggi tersebut memang termasuk kedalam salah satu PT terpandang, kamu bisa memilih untuk bersekolah disana
.
.
3. Realistis. Menjadi realistis sangat sulit apalagi untuk siswa yang notabene nya sedang berada pada masa pubertas. Pada umur ini kalian cenderung egois dan sulit untuk menerima masukan. Tidak bisa dipungkiri, ini memang benar adanya. Cara mengatasinya adalah dengan lebih mengontrol emosi dan juga lebih sering mendengarkan pendapat orang lain. Terimalah masukan yang baik dan membangun.
.
.
Beberapa tips selanjutnya akan aku upload di postingan
“Tips Agar Mantap Memilih Jurusan Kuliah – Part 2” yaa, ditunggu !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ingin Exchange Program ke Jepang? Yuk Ikut Program Japanese Studies 2019!

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menawarkan beasiswa bagi mahasiswa S1 jurusan sastra atau pendidikan bahasa jepang untuk belajar selama satu tahun di universitas di Jepang. . . Program ini bertujuan untuk memperdalam kemampuan Bahasa dan kebudayaan Jepang siswa. Program ini merupakan program non-gelar namun setiap peserta yang […]

Subscribe US Now