Jadi Perfeksionis tidak Baik dalam Memilih Jurusan Kuliah

masukkampus

Perfeksionis. Sebelum admin jelaskan lebih lanjut maksud dari judul artikel ini, kita harus menyamakan persepsi kita tentang apakah sebenarnya maksud dari kata perfeksionis itu sendiri.
.
.
Perfeksionis : orang dengan sifat perfeksionis selalu ingin semua hal sempurna dan berjalan sesuai yang ia rencanakan. Hal ini merupakan sesuatu yang positif jika kamu dapat menyesuaikannya dengan kapabilitas dan segala posibilitas.
.
.
Namun, masalah akan muncul ketika kamu tidak bisa mengontrol obsesi untuk menjadi sempurna itu.
Dalam memilih jurusan pun siswa SMA cenderung untuk menjadi perfeksionis. Mereka cenderung memilih sebuah jurusan yang menurut mereka sesuai dengan diri mereka. Hal ini baik untuk dilakukan, tapi jangan lupa bahwa saat memilih jurusan kamu juga harus memiliki sikap realistis. Perhatikan lagi apakah nilai yang kamu peroleh memungkinkan untuk kamu bersaing di jurusan dan perguruan tinggi yang ingin kamu tuju.
.
.
Dalam perjalanan menentukan jurusan, akan ada banyak hal yang dapat membuat kamu merubah keputusan. Kamu harus selalu bisa menerima perubahan itu apabila memang hal tersebut memang benar adanya.
.
.
Kamu juga harus mau mendengar pendapat sekitar. Masukan merupakan hal yang baik namun jika masukan tersebut didasari atas fakta dan alasan yang kuat.
.
Misalkan, kamu ingin mengambil jurusan Ekonomi dengan alasan gemar hafalan dan hitungan. Perlu kamu ketahui juga bahwa masih banyak jurusan lain dengan hafalan dan hitungan didalamnya. Kamu harus benar-benar memastikan berdasarkan segala hal bahwa jurusan yang ingin kamu tuju benar-benar PAS. Pas dari segi minat, bakat, prospek kerja, dan posibilitas kamu diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips Agar Mantap Memilih Jurusan Kuliah - Part 2

Masih seputar tips agar kamu mantap memilih jurusan, yuk simak lanjutan tips yang harus kamu lakukan saat kamu ingin memilih jurusan. . . 1. Selain hal yang telah disebutkan pada postingan sebelumnya, saat memilih sebuah jurusan pastikan kalian sudah menanyakan seputar jurusan tersebut ke berbagai sumber terpercaya. Contohnya kepada kakak […]

Subscribe US Now