UGM Sampaikan Pihaknya Siap Buka Prodi Aktuaria

masukkampus

Para siswa yang berminat untuk berkuliah di jurusan Aktuaria nampaknya kini memiliki lebih banyak pilihan kampus untuk mendaftar. Pasalnya, Universitas Gadjah Mada (UGM) siap membuka program studi Aktuaria untuk S1 mulai tahun ajaran 2018/2019 mendatang. Program Studi ini akan berada dibawah Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA).
.
Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM Prof.Dr.Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., mengatakan UGM telah memiliki persiapan matang untuk membuka prodi S1 Ilmu Aktuaria.
.
“Dari sisi sumber daya manusia dan infrastruktur sudah siap. Semoga pada tahun ajaran baru 2018 mendatang sudah bisa dibuka,” kata Djagal, Senin (18/12) dalam Seminar Pembangunan SDM Aktuaria di Industri Asuransi di FMIPA UGM.
.
Sesuai berita yang dimuat oleh Ristekdikti.go.id , Djagal menyebutkan pendirian prodi ini melihat pada besarnya kebutuhan terhadap tenaga aktuaris di Indonesia. Dengan dibukanya prodi Ilmu Aktuaria ini diharapkan dapat menghasilkan banyak tenaga ahli yang dibutuhkan oleh industri asuransi dan keuangan di Indonesia.
.
“Kebutuhan aktuaris di Indonesia sangat besar, sementara jumlah aktuaris masih terbatas,” katanya.
.
Jumlah prodi Aktuaria saat ini memang tergolong sangat langka. Hal ini mengakibatkan minimnya aktuaris di Indonesia. Berbeda dengan Malaysia yang sudah memilik 60 prodi S1 Ilmu Aktuaria.
.
“UGM ini nantinya akan menjadi perguruan tinggi ke-3 di Indonesia yang memiliki prodi S1 Ilmu Aktuaria. Harapannya dengan dibukanya prodi ini bisa mengisi kebutuhan aktuaris yang sangat besar,”harapnya.
.
Sebelumnya, UGM telah menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga yaitu PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) untuk mendukung program OJK RI dalam mencetak 1.000 aktuaris. Kerja sama dilakukan dalam penyelenggaraan program perkuliahan terkait penyetaraan ujian profesi aktuaris dan sertifikasi dari PAI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ketentuan Memilih Prodi Bagi Peserta SBMPTN Tahun 2019

Seperti yang kita ketahui bahwa SBMPTN 2019 akan menerapkan alur yang jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. . Tahun ini, para siswa akan mendaftar terlebih dahulu untuk mengikuti UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer barulah kemudian dipersilahkan menggunakan nilai yang mereka peroleh untuk memilih Jurusan dan Kampus tujuan. . Tes dilakukan […]

Subscribe US Now