Seberapa Besarkah Akreditasi Sekolah Berpengaruh pada SNMPTN 2019

masukkampus

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mulai menggunakan data akreditasi sekolah sebagai dasar penerimaan mahasiswa SNMPTN pada tahun 2016.
.
Pada tahun tersebut, Kemenristekdikti memutuskan sejumlah 75 persen dari siswa terbaik di suatu sekolah terakreditasi A bisa dikirim mengikuti seleksi. Kemudian, bagi sekolah akreditasi B, hanya 50 persen siswa dari siswa terbaik, akreditasi C hanya bisa mengirim 20 persen dari seluruh siswa terbaik. Selanjutnya, bagi sekolah yang tidak memiliki akreditasi hanya bisa mengirim 10 persen dari siswa terbaiknya.
.
Presentase penerimaan mahasiswa ini terus menurun di setiap tahunnya, hingga pada SMPTN 2019, tim pelaksana seleksi masuk perguruan tinggi yaitu LTMPT memutuskan bahwa ketentuan akreditasi ialah sebagai berikut :
.
1. Sekolah dengan akreditasi A dapat mengirimkan 40% siswa terbaik dari sekolahnya.
.
2. Sekolah dengan akreditasi B dapat menyertakan 25 % siswa terbaiknya
.
3. Sekolah dengan akreditasi C dan non akreditasi dapat mengirimkan 5% siswa terbaik dari sekolahnya.
Siswa terbaik yang dimaksud ditentukan oleh sistem. Sistem akan menseleksi sendiri, bukan ditentukan oleh pihak sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Masih Bingung? Beginilah Perbedaan Seleksi SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Meski Seleksi Masuk Perguruan Tinggi jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri sudah bertahun-tahun lamanya terselenggara, masih terdapat banyak siswa yang belum mengerti tentang perbedaan diantara ketiganya. Hal ini bisa diakibatkan oleh tidak meratanya distribusi informasi antara pihak pemerintah yang dalam hal ini penyelenggara, pihak sekolah maupun pihak siswa. . . Menanggapi […]

Subscribe US Now