Jago Programming dan Data Mining, Saeful Banjir Hadiah

masukkampus

Saeful Ramadhan merupakan mahasiswa tingkat akhir Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor (FMIPA IPB). Ia seringkali menjuarai kompetisi dalam dunia programming dan data mining.
Salah satu contohnya, Saeful telah menjuarai lomba Hackathon atau membangun aplikasi secara maraton yang diadakan oleh Tokopedia tepatnya pada bulan September 2018 lalu.
.
.
“Saat itu saya dan dua teman saya diminta untuk membuat aplikasi dalam waktu 24 jam,” tambahnya.
.
.
Timnya berhasil membuat sebuah aplikasi berbelanja di Tokopedia yang dikhususkan bagi penyandang tunarungu bernama voice recognition. Ia berhak membawa pulang hadiah sebesar 30 juta rupiah.
.
.
“Saya mulai mengenal dunia progamming sejak kelas dua SMA dan kemudian mulai ikut berbagai lomba. Jadi, berkompetisi sudah menjadi hobi dan hadiah bukan tujuan utama, hadiah hanya saya anggap sebagai bonus,” ujar Saeful.
.
.
Saat ini sudah tercatat sebelas prestasi yang ia gapai. Namun sebelum sampai di titik ini, ia pernah mengalami kegagalan.
.
.
“Saat masih tingkat satu atau dua, saya selalu kalah dalam lomba. Tapi saya terus latihan dan mencoba ikut lomba lagi,” tuturnya.
.
Ia sering belajar secara autodidak seperti yang ia lakukan sebelum mengikuti salah satu lomba, ia belajar mandiri bersama temannya selama tiga bulan secara tekun.
.
.
“Kami berlatih di sela-sela kesibukan kami. Waktu itu kami sedang praktik lapang dan pulangnya kami selalu mampir untuk belajar di perpustakaan IPB sampai jam pelayanan perpustakaan itu tutup,” ujarnya.
.
.
Keuletan dan kerja kerasnya membuahkan hasil. Pada bulan november lalu, Saeful dan tim berhasil menyabet juara di Finhacks Data Challenge yang diadakan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan berhak membawa pulang uang sebesar 10 juta rupiah.
.
.
Selain dua kemenangan tersebut, masih ada 9 kejuaraan lain yang ia dapat. Diantaranya saat ia berpartisipasi dalam GEMASTIK IX di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya. Saeful bersama tim mempersembahkan medali emas untuk IPB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bagaimana Rasanya? Kuliah di Jurusan yang Mayoritas Pria

Gimana ya rasanya kuliah di jurusan yang mayoritasnya adalah pria? . . Beberapa jurusan perkuliahan memiliki perbandingan mahasiswa yang cukup signifikan antara pria dan wanita. Sebagai contoh, jurusan ilmu gizi didominasi oleh para wanita sedangkan jurusan Teknik Mesin didominasi oleh kaum pria. Meski sedikit, namun para wanita juga ada yang […]

Subscribe US Now