HEY TAYO, Pilah Sampah Berhadiah Makanan

masukkampus

Nyanyian film kartun mobil bus ‘Tayo’ mungkin sudah terdengar biasa, namun kali ini Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuat ‘Tayo’ yang berbeda.
.
.
Diprakarsai oleh Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL) Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM), BEM Fakultas Pertanian, IGAF LC, dan Himpunan Mahasiswa Profesi (Himpro) Reesa IPB berhasil menggelar kegiatan Hey Tayo (Hey Tukar Sampah Ayo!) di Kampus IPB Dramaga, Bogor (5/12).
Kegiatan Hey Tayo dilatarbelakangi oleh hasil kajian Departemen ESL-IPB. .
.
Hasil kajian tersebut menyatakan estimasi jumlah sampah organik 188.80 ton/tahun, limbah B3 7.54 ton/tahun dan sampah anorganik di IPB mencapai 146.7 ton per tahun. Ini setara 611 kali aquarium Seaworld, Jakarta.
.
.
Fakta di atas berhasil menggerakkan semangat mahasiswa IPB untuk turut andil dalam menghadirkan Hey Tayo ini. Tayo merupakan program menukar sampah anorganik dengan makan siang gratis. Selain menukar sampah dengan makanan, di dalam kegiatan ini juga mensosialisasikan budaya memilah sampah sejak dari sumbernya.
.
.
Mekanismenya, mahasiswa membawa minimal satu goodie bag sampah kering, sampah dikumpulkan kepada panitia Tayo, panitia mengecek keterpilahan sampah, panitia menimbang sampah dan mahasiswa mengambil makanan.
.
.
Program ini pun mendapat sambutan baik dari Agrianita Fakultas Ekonomi dan Manajemen dan Dr. Meti Ekayani, S.Hut, M.Sc selaku Sekretaris Departemen ESL IPB.
.
.
“Saya merasa salut dan bangga dengan semangat dan motivasi sivitas dalam kelola sampah IPB, sejak sebagai volunteer dalam kajian timbulan sampah sampai kegiatan Tayo ini. Apresiasi juga untuk Ibu-ibu Agrianita IPB yang menyediakan makan siang gratis untuk aktivitas IPB Go Green ini,” ungkap Dr. Meti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tahun 2019! ITB Buka Jalur Mandiri Berminat?

Mulai tahun 2019 Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan kembali Seleksi Ujian Mandiri program S1! . . Pembukaan seleksi man­diri disebabkan adanya pem­benahan seleksi penerimaan mahasiswa ba­ru yang dila­ku­kan Kemenristekdikti . .eeeeeeee Biaya pendaftaran seleksi man­diri untuk program nonfakultas seni rupa dan desain (FSRD) sebesar Rp 100.000 per orang sedangkan biaya pendaftaran […]

Subscribe US Now