Sekolah Pukul 6.30 Pagi Ternyata dapat Mengganggu Kesehatan

masukkampus

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jam sekolah terpagi di dunia. Seperti contohnya berbagai sekolah yang terletak di Jabodetabek memberlakukan aturan masuk sekolah pukul 6.30 pagi. Hal ini sempat menuai kritik dari berbagai lembaga pendidikan setempat.

Dilansir dari Okezone. Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) mengatakan jam masuk sekolah yang terlalu pagi ini melanggar hak anak. Jam belajar yang kepagian juga meningkatkan risiko gangguan pencernaan karena kebanyakan anak sekolah tidak sempat makan dalam waktu lama.

Menurut Hellosehat.com, polo masuk sekolah yang memaksa anak untuk tidur larut malam don bangun pagi buta jadi mengacak-acak kualitas tidur mereka. Tidur mendukung proses otak yang sangat penting untuk belajar, pengawetan memori, don pengaturan emosi. Di malam hari, otak mengulas don memperkuat informasi yang diperoleh selama seharian penuh. Ini membuat informasi-informasi yang mereka dapat soot di kelas seharian tadi akan lebih mudah untuk diingat di kemudian hari.

Melewatkan waktu tidur bisa sangat berbahaya. Seiring waktu. polo “tidur larut malam, bangun pagi but,’ ini dapat menyebabkan sejumlah risiko kesehatan. Remaja yang kurang tidur juga lebih cenderung !alai, impulsif, hiperaktif, don menentang, sehingga bukan lagi berita barn bahwa remaja yang tidak mendapatkan cukup tidur tidak menonjol dalam bidang akademis don perilaku.

Di samping itu, kurang tidur juga dikaitkan dengan risiko kolesterol tinggi don obesitas di masa depan. Sebuah studi menemukan bahwa efek jangka pendek dari kurang tidur, seperti pilek, flu, don gangguan pencernaan, lebih sering timbul ketika anak tidur kurang dari tujuh jam. Sebuah studi dalam Journal of Youth and Adolescence tahun 2015, dilansir dari Huffington Post, menemukan bahwa remaja yang tidur rata-rata enam jam per malam dilaporkan tiga kali lebih mungkin untuk menderita depresi. Kurang tidurjuga meningkatkan risiko upaya bunuh diri anak hingga 58 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Beasiswa PMLD oleh Kemenag Dibuka Hari ini

Catat ! Tanggal 3-15 Desember merupakan pendaftaran beasiswa unggulan yaitu “Program Magister Lanjut Doktor (PMLD).. PMLD adalah program pendidikan jenjang magister (S-2) dilanjutkan ke jenjang Doktor (S-3) nonstop bagi sarjana barn (fresh graduate) berprestasi. Pendidikan dilaksanakan selama 4,5 tahun dengan rincian 1,5 tahun untuk jenjang magister don 3 tahun untuk […]

Subscribe US Now