Kini Guru Harus Kuasai Minimal 2 Mata Pelajaran

masukkampus

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) mendorong Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk dapat melahirkan guru-guru yang mampu menguasai minimal dua mata pelajaran.

Hal ini bertujuan agar saat praktik mengajar nantinya setiap guru dapat mengajar lebih dari satu mata pelajaran (mapel) Untuk mewujudkan hal tersebut, Muhadjir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meminta setiap kampus melaksanakan sistem Mayor — Minor..

Hal ini berarti saat calon guru mengambil jurusan Bahasa Indonesia maka minimal harus memahami pula satu Bahasa lain seperti Bahasa Inggris atau Bahasa Asing lain yang diperlukan disebuah sekolah.

“Kita dorong LPTK bisa menyelenggarakan pendidikan mayor minor sehingga ketika di lapangan maka keahlian tambahan guru ini bisa dimanfaatkan.” katanya seusai rapat koordinasi (rakor) Penataan Guru dan Tenaga Kependidikan di Jakarta kemarin..

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menjelaskan, program mayor minor yang dimaksud adalah seorang guru sejak awal dibina untuk bisa menguasai lebih dari satu keahlian, sehingga peran guru tersebut dapat dimaksimalkan..

Selanjutnya, Muhadjir juga menegaskan bahwa program mayor-minor yang dimaksud ini dalam satu rumpun ilmu. Tujuannya agar bisa linier dan ketika mengajar maka kedua keahlian tersebut diakui semua dan dapat dihitung untuk mendapatkan sertifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KEMENDIKBUD Rencanakan Penambahan Mapel PMP

Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud sedang melakukan pengkajian terhadap penambahan kembali materi yang sempat dihapuskan yakni PMP. Sebelumnya, materi ini digantikan oleh Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn Materi PMP rencananya akan mengalami pembaruan agar tidak memunculkan paham Radikal. Selain hal tersebut PMP juga dipastikan akan mengandung materi yang berbeda dengan mata […]

Subscribe US Now