Sosok Wanita dibalik Google Doodle pada 1 Desember 2018

masukkampus

Apabila hari ini kalian telah membuka situs google, kalian akan melihat doodle wanita pada lambang Google. Sebenarnya siapakah wanita tersebut? lalah Maria Josephine Catherina Maramis, atau yang lebih dikenal dengan nama Maria Walanda Maramis.

Google menampilkan Maria Walanda Maramis sebagai Google Doodle pada hari ini. Sabtu 1 Desember 2018 sebagai hari peringatan ulang tahunnya.

la dikenal sebagai pahlawan yang berusaha memajukan keadaan wanita di Indonesia pada awal abad ke-20. Maria Walanda Maramis dianggap sebagai pendobrak adat dan pejuang emansipasi wanita di dunia politik serta pendidikan.

Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunannya (PIKAT) pada 8 Juli 1917 yang didirikannya berkembang berkembang pesat di Maumbi, Tondano. dan Motoling. Bahkan PIKAT juga memiliki beberapa cabang di Jawa, seperti di Batavia, Bogor, Bandung, Cimahi, Magelang, dan Surabaya. PIKAT bertujuan untuk mendidik para wanita mengenai hal-hal rumah tangga, seperti memasak, menjahit, merawat bayi, dan lain sebagainya.

Hampir satu tahun berdiri. PIKAT kemudian membuka sekolah di Manado pada 2 Juni 1918.

Hingga Maria meninggal pada 22 April 1924 di Maumbi. ia tetap aktif menjalankan PIKAT. Untuk mengenang jasanya, pemerintah di Manado membangun Monumen Pahlawan Nasional Maria Walanda Maramis di Desa Maumbi, Kecamatan Kalawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Soal HOTS! Latih Siswa Siap Hadapi Masalah Kompleks

Penerapan soal dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) membuat siswa di Indonesia resah Menurut Guru Besar ITB dalam bidang matematika. lwan Pranoto, soal HOTS harus mengandung analisis, evaluasi. dan mencipta. Tiga hal yang disebut lwan adalah tiga tahap tertinggi […]

Subscribe US Now