Persiapkan Dirimu, UN Tahun 2019 akan Dimajukan!

masukkampus

Untuk para siswa yang sedang berkutat pada buku-buku pelajaran, nampaknya harus berjuang dengan giat mempersiapkan diri mereka menghadapi ujian nantinya. Pasalnya, jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2019 akan dimajukan. UN SMK sebelumnya diadakan pada bulan April dan kemudian diikuti oleh UN jenjang lainnya, untuk tahun depan akan berbeda. Penyelenggaraannya akan dimajukan menjadi Maret 2019.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah merilis kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) untuk 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.
Kisi-kisi tersebut ditujukan untuk tolak ukur dan acuan dalam mengembangkan serta membuat naskah soal ujian nantinya baik UN maupu USBN.
.
.
“Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku,” kata Kepala BSNP, Bambang Suryadi kepada Medcom.id, di Jakarta, Kamis, 29 November 2018.
.
.
Beliau juga mengutarakan kisi-kisi dirilis agar siswa dapat melakukan persiapan ujian lebih dini. Mengingat jadwal Ujian Nasional tahun depan akan maju.
.
.
“UN SMK tahun lalu digelar April, tahun depan akhir Maret, baru setelah itu dilanjut UN SMA, dan SMP. Maju karena bulan Ramadhan semakin maju,” terang Bambang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Total 72 Ribu Guru akan Dikontrak untuk Mengajar SMK

Pada tahun 2019 nampaknya akan terjadi perubahan yang cukup besar pada ribuan SMK di Indonesia. Selain pemerintah merencanakan untuk merevitalisasi 3000 – 4000 buah SMK, kini melalui KEMENDIKBUD, pemerintah mengusulkan 72 ribu guru SMK diangkat melalui skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Guru-guru ini nantinya dikontrak dalam jangka waktu […]

Subscribe US Now