Passing Grade CPNS Tinggi, Formasi Jabatan Banyak Kosong. Pemerintah buat Strategi Baru

masukkampus

Sesuai dengan berita yang sedang viral mengenai susahnya tes CPNS dan Passing Grade yang terlampau tinggi, banyak terdapat peserta yang bahkan tidak dapat lolos di tahap awal.
.
.
Implikasi dari hal ini, banyak terdapat formasi jabatan yang masih kosong atau belum terisi. Oleh karena itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) baru terkait hal tersebut.
.
.
Pada Peraturan Menteri (Permen) tersebut, para peserta yang tidak lolos melalui sistem Passing Grade maka akan diseleksi kembali berdasarkan Ranking yang mereka peroleh.
.
.
“Kita tidak berorientasi pada passing grade, tapi berorientasi pada rangking,” kata Syafruddin di Istana Kepresidenan, Bogor, Rabu (21/11/2018).
.
.
Meskipun akan berorientasi pada Ranking, PG tetap tidak akan diturunkan karena dikhawatirkan akan berdampak pada turunnya kualitas SDM aparatur negara.
.
.
“Jangan sampai ini mundur karena itu kita kembali ke sistem rangking saja,” lanjutnya.
.
.
Syafruddin mencontohkan, apabila pada suatu formasi jabatan dibutuhkan 100 aparatur, maka di tes awal ini akan dipilih 1-300 orang dengan peringkat tertinggi yang kemudian akan mengikuti tes tahap berikutnya. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KEMENDIKBUD Minta Siswa Tidak Usah Ributkan Soal HOTS

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) minta siswa tidak perlu ribut persoalan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Ujian Nasional (UN). Hal ini karena presentase soal HOTS hanyalah 10%. Selain itu, adanya HOTS ini sebenarnya ditujukan untuk mengasah kemampuan berpikir siswa. . . “HOTS itu kan sebenarnya hanya 10 persen, jadi […]

Subscribe US Now