MENDIKBUD Minta Guru Selalu Kembangkan Model HOTS

masukkampus

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengimbau para guru untuk terus mengembangkan belajar mengajar di sekolah dengan model cara berpikir tinggi/higher order thinking skills (HOTS). (Kemdikbud.com)
.
Dengan pengembangan model tersebut dapat menghasilkan anak-anak berkemampuan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi yang baik, berkolaborasi, berpikir kreatif, dan percaya diri. Hal tersebut disampaikan Mendikbud saat membuka kegiatan Pembekalan Guru Inti Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berorientasi pada HOTS, di Yogyakarta, Jumat (09/11/2018).
.
“Dalam menyiapkan peserta didik yang siap bersaing menghadapi era milenium dan revolusi industri 4.0, guru harus mampu mengarahkan peserta didik untuk mampu berpikir kritis, analistis, dan mampu memberikan kesimpulan atau penyelesaian masalah,“ terangnya.
.
.
“Dalam berbuat sesuatu, pertama yang dilakukan adalah berpikir dahulu. Bersikap dipengaruhi cara berpikir. perilaku atau tindakan, suatu langkah konkrit berdasarkan sikap. Itulah belajar,” terang Mendikbud.

Mendikbud ajak guru-guru untuk memperkuat perilaku siswa dengan komponen berpikir, bersikap, dan bertindak
.
.
“Ajak siswa kita untuk berpikir kreatif dan kritis, membangun kerja sama atau berkolaborasi. Mohon guru inti jangan berikan pendidikan yang tidak kreatif. Kita harus memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita,“ pesan Mendikbud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Komisi Perlindungan Anak : Kemendikbud Malapraktik Pendidikan

Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti sebut Kemendikbud melakukan malapraktik pendidikan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/MA pada mata pelajaran matematika. . . Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga menyampaikan pihaknya merasa prihatin atas sulitnya soal mata uji matematika tersebut. . . “Menguji anak-anak […]

Subscribe US Now