Seluruh Siswa Harus Bersiap, Tingkat Kesulitan Soal HOTS UN akan Meningkat

masukkampus

Pada SBMPTN, seluruh peserta akan ditempa dengan soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Soal-soal tertentu dibuat lebih sulit dan membutuhkan daya nalar tinggi, atau higher order thinking skills (HOTS). Mengikuti perkembangan ini pula, UN dan UNBK pun telah menerapkan soal HOTS dari tahun lalu.
.
Membenarkan kabar tersebut, Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan bahwa soal HOTS tahun ini akan lebih sulit.
.
“Tetapi ada sedikit perubahan agak meningkat kesulitannya” Terang Effendy.
.
Apa sebenarnya konsep Higher Order Thinking Skills yang sedang ramai dibicarakan ?
.
Alice Thomas dan Glenda Thorne mendefinisikan istilah HOTS dalam artikel yang berjudul How to Increase Higher Order Thinking (2009) sebagai cara berpikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal, atau menceritakan kembali sesuatu yang diceritakan orang lain. (Sumber : beritagar.id)
.
HOTS bukan mata pelajaran, bukan juga soal ujian, terang Abduhzen, Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). HOTS adalah tujuan akhir yang dicapai melalui pendekatan, proses dan metode pembelajaran. Kekeliruan memahami konsep HOTS akan berdampak pada kesalahan model pembelajaran yang makin tidak efektif dan tidak produktif.
.
Untuk itu, seluruh siswa diharapkan mampu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Awas Salah Fokus, Reza Rahardian Jadi Dosen Praktik Vokasi Komunikasi UI

Reza Rahardian telah menjadi dosen praktik Program Vokasi Komunikasi (Vokom) Universitas Indonesia (UI) sejak September 2018. Pada tanggal 6 November lalu, Bertempat di Studio Produksi Mampang, Tendean, Jakarta, Reza Rahadian mengajak 67 mahasiswa melakukan observasi kerja praktik industri komunikasi. Di tengah jadwal padat, Reza secara khusus mendampingi mahasiswanya memperoleh gambaran […]

Subscribe US Now