Wajib Baca! Inilah Mengapa Nilai UN Tidak Dapat Dipergunakan Melamar Perguruan Tinggi

masukkampus

Kemenristekdikti membuat aturan baru dalam SBMPTN 2019. Kini peserta harus memiliki nilai namun nilai tersebut bukanlah nilai UN. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya jika seluruh peserta SBMPTN harus mengikuti ujian terlebih dahulu barulah kemudian mendapatkan nilai. Nantinya nilai/skor tersebut akan digunakan mendaftar Universitas yang mereka minati.
.
.
Menristekdikti, Mohamad Nasir menjelaskan, pihak penyelenggara memang tidak menetapkan nilai UN sebagai standar proses SBMPTN. Menurutnya, nilai UN dan SBMPTN adalah 2 hal yang berbeda.
.
.
“UN sama SBMPTN itu tujuan yang berbeda. UN itu untuk standar kelulusan tapi kalau nilai SBMPTN itu untuk prediksi kemampuan seseorang di perguruan tinggi nanti. Ini main object yang beda,” jelas dia dalam konferensi pers di Gedung Kemenristekdikti.
.
.
“Kami lakukan tes dalam periode tertentu. Bila pada hari tes itu si peserta merasa nilai belum cukup, dia bisa ikut tes lagi untuk yang ke dua kali di hari berbeda,” jelas Nasir.
Sementara itu, Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTN (SNPMB-PTN) 2018 Ravik Karsidi menyatakan, dalam jalur SBMPTN 2019 pihak perguruan tinggi bisa menambahkan kriteria tertentu. Misalnya seperti prestasi-prestasi yang pernah didapatkan sepanjang sekolah dan sebagainya.
Dalam hal ini, PTN juga dimungkinkan untuk menggunakan nilai UN sebagai tambahan kriteria.
.
.
“Memang kami belum berpikir merger dengan nilai UN, tapi itu bisa oleh para rektor (PTN) dijadikan salah satu kriteria. Karena memang tidak dari nilai UTBK saja, bisa ada pertimbangan lain,” jelasnya dalam kesempatan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Egi, Mahasiswa Fisika UGM dan Perjuangannya Melawan Tumor Otak

Egi Candra merupakan mahasiswa asal Borneo yang saat ini tengah menempuh Pendidikan di Universitas Gadjah Mada angkatan 2017. Sehari-harinya ia menjalani hidup dengan sangat ceria, pantang menyerah, berjuang menuntut ilmu demi masa depannya. . . Namun kini, Egi berjuang bukan hanya untuk menyelesaikan Pendidikan melainkan untuk menyembuhkan penyakit Tumor Otak […]

Subscribe US Now