Banyak Peserta Gagal Tes SKD CPNS, Inilah Materi Tersulit Menurut BKN

masukkampus

Tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari tiga tahap yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
.
Dari ketiga tes diatas, banyak peserta yang terpaksa masuk kategori tidak lolos akibat sulitnya mencapai ambang batas minimal dari Tes Karakteristik Pribadi.
.
Pada Selasa (6/11/2018), Liputan6.com menghubungi Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan untuk memberi tanggapan atas sulitnya Tes Karakteristik Pribadi. Ia menjelaskan, seluruh pembuatan soal berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta para ahli dari perguruan tinggi.
.
.
“Pertama, soal itu dibuat oleh Kemendikbud dan Asosiasi Perguruan Tinggi Indonesia, jadi BKN tak tahu-menahu soal itu,” ucap Ridwan.
.
“Dan ketika soal itu diserahkan, beberapa puluh ribu soal, sudah dalam keadaan terenkripsi atau di-password, katakanlah, oleh BSSN dan dipastikan oleh Tim Q&A (Quality and Assurance) Panselnas,” lanjutnya.
.
.
Mengenal lebih dekat Tes Karakteristik Pribadi, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.
Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kementerian BUMN Undur Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018

Kementerian BUMN resmi menunda pengumuman hasil ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018. . Pada awalnya, menurut Surat Pengumuman Nomor PENG-01/PANSELCPNS.MBU/2018 Tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Tahun Anggaran 2018, pengumuman hasil SKD CPNS Kementerian BUMN […]

Subscribe US Now