Paradigma Salah Kampus Indonesia dan Isu-isu Pelecehan Seksual Didalamnya

masukkampus

Kasus-kasus kejahatan seksual dikampus sebenarnya merupakan contoh kasus yang bersifat sangat sporadis. Dalam penyebarannya pun dianggap sulit untuk mendapatkan beragam bukti yang komprehensif guna mendata seberapa seringnya kasus ini terjadi di kampus-kampus yang ada di Indonesia.
.
Menurut Trito.id dalam artikelnya yang juga mengangkat mengenai hal ini, ada beberapa ungkapan mengenai pelecehan seksual di kampus terjadi “marak”, bahwa kasus ini sudah jadi “rahasia umum kampus”. Bahkan dari pengamatan team ini, terdapat banyak komentar seperti
“Ya resiko sendiri mau, kan bisa nolak” “Jangan salahkan sepihak … coba dilihat dari sudut pandang mahasiswi yang gemar umbar paha dan berpakaian serba ketat.” Komentar seperti ini menjadi bukti bahwa banyak warga Indonesia yang masih mewajarkan pelecehan seksual. Ditambah lagi, mereka juga merasa asing saat melihat korban pelecehan bicara ke publik dan melawan. Menganggap pelecehan adalah hal alamiah yang harus diterima perempuan; sesuatu yang jelas sekali salah kaprah.
.
Pada dasarnya pemerkosaan merupakan logika menyesatkan yang membayangi kehidupan perempuan. Bukan meminta kau madam untuk mengendalikan nafsu, banyak dari kita yang justru mengatakan “namanya juga laki-laki,” atau “wajar laki-laki begitu,” Kalimat-kalimat ini punya pesan bahwa perkosaan yang dilakukan laki-laki memang diwajarkan. Hal ini yang akhirnya membuat mayoritas korban memilih untuk diam.
.
Dari penelusuran Tirto.id di beberapa kampus terkenal di Indonesia, setidaknya ada lebih dari selusin mahasiswa yang bercerita pernah jadi korban pelecehan oleh dosen mereka. Ini tidak termasuk beberapa orang yang menolak berbagi kisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Standar CPNS Keterlaluan, Dosen UIN Sebut jika Capres Ikut Juga Tak Akan Lulus

Ribuan calon peserta tes CPNS di Aceh harus menerima kenyataan bahwa mereka tidak berhasil lulus seleksi kompetensi dasar atau SKD. Banyak dari mereka menelusuri penyebab kegagalan tersebut dan diketahui bahwa hal ini diakibatkan passing grade yang terlampau tinggi untuk dilewati. . Hal ini menuai berbagai kritik bahkan ada pula yang […]

Subscribe US Now