Ingin Lebih Dinamis, 11 PTN-BH Rumuskan Metode Pembelajaran Generasi Milenial

masukkampus

11 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang dituanrumahi oleh ITS melaksanakan Sidang Paripurna untuk mendiskusikan metode pembelajaran bagi generasi milenial di Isyana Ballroom Hotel Bumi Surabaya, Senin (29/10). Sidang Paripurna ini berlangsung di tanggal 29-30 Oktober 2018. Pada hari pertama fokus pembahasan tentang langkah dan kesiapan PTNBH dalam menyiapkan metode pembelajaran yang cocok bagi generasi milenial. Sedangkan pada hari kedua nantinya, para anggota senat dari berbagai PTNBH yang ada di Indonesia ini akan berfokus membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) PTNBH dan sharing antar PTNBH terkait masing-masing metode pembelajaran generasi milenial di perguruan tinggi mereka
Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD menjelaskan, ketika berbicara generasi milenial, pertanyaan yang muncul berikutnya adalah apakah kita (PTNBH, red) sudah benar memahami bagaimana generasi milenial ini yang sesungguhnya. “Ini sederhana sebenarnya, tapi ini juga menjadi poin penting dalam mengembangkan metode pembelajaran ini. Kita (perguruan tinggi, red) harus memahami betul terlebih dahulu siapa generasi milenial ini,” terangnya.
Sebagai contoh, kini ITS telah berani mengambil langkah strategis. ITS merubah sistem dan kurikulum pendidikannya agar mahasiswanya langsung bisa berhubungan dengan industri. Mahasiswa kini diberi kesempatan untuk magang di Industri hingga satu tahun lamanya. Hal itu dengan memperhatikan masa studi yang tidak terganggu, karena kampus akan mengkonversi materi-materi selama ia magang menjadi nilai-nilai akademik yang setara dengan mata kuliah di jurusannya.

Sebagai Rektor, dirinya menyadari bahwa tidak semua mata kuliah yang diberikan oleh kampus menjadi fokus mereka dalam dunia kerja nantinya. Maka, kebijakan ini merupakan langkah dinamis ITS untuk menyiapkan mahasiswanya agar siap memasuki era industri 4.0.

source : https://www.its.ac.id/news/2018/10/29/11-ptn-bh-di-indonesia-rumuskan-metode-pembelajaran-generasi-milenial/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Beberapa Perguruan Tinggi Bantu Proses Identifikasi Jenasah Korban Lion Air JT 610

Wakapolri Komjen Ari Dono menyampaikan kondisi para korban di pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di laut lepas Ujung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) kemarin, mayoritas dalam kondisi hancur. Ia menyebut, dari total 181 penumpang dan 8 kru pesawat baru bisa ditemukan 24 goodie pack yang dibawa langsung ke […]

Subscribe US Now