2 PRODI UGM MASUK PERINGKAT DUNIA  DAN PERINGKAT 1 INDONESIA

Program Studi (Prodi) Agama dan Lintas Budaya (CRCS) dan Prodi S3 Inter Religious Studies (IRS) Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah mada (UGM) masuk dalam Capaian Bidang Studi Theology, Divinity & Religious Studies.

Pemeringkatan tersebut berdasarkan The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject dalam pemeringkatan bidang studi dan universitas tahun 2022 pada Rabu, 6 April 2022 silam. Bidang studi Theology Divinity & Religious Studies menempati peringkat 47 di dunia dan peringkat 1 nasional. Siti Malkhamah selaku Dekan Sekolah Pascasarjana menyebutkan bahwa dari hasil pemeringkatan, UGM mendapat total nilai 72.4. Pemeringkatan ini berdasarkan capaian nilai dan beberapa indikator lainnya yang meliputi Sitasi H-Indeks dengan nilai 48,80, Sitasi per Paper 64.3, Reputasi Akademik 77,1, dan reputasi lulusan mencapai 70,8. 

Lebih lanjut, Siti mengatakan bahwa dua kriteria pertama tersebut untuk mengukur produktivitas publikasi para dosen di jurnal-jurnal terindeks. Kemudian yang menjadi nilai tambah yaitu ketika ada kolaborasi dengan peneliti dari lembaga kajian atau universitas dari berbagai negara. Seperti pencapaian Dr. Zainal Abidin Bagir bersama Prof. Robert W. Hefner (Boston University) yang menerbitkan Indonesian Pluralities: Islam, Citizenship, and Democracy yang diterbitkan oleh Notre Dame University Press, tahun 2021. Di mana isi buku ini berasal dari penelitian selama tiga tahun sebelumnya yang melibatkan dosen dan peneliti UGM maupun dari Boston University.

Kemudian pengukuran reputasi akademik di QS WUR juga berdasarkan respons 130.000 akademisi di seluruh dunia yang menilai institusi-institusi yang mereka anggap sangat baik. Sedangkan dari indikator penilaian terhadap reputasi lulusan dilakukan melalui survei yang diikuti penerima kerja di berbagai sektor baik itu di universitas, pemerintahan, parlemen, LSM, swasta dan juga lembaga lainnya. Beberapa lulusan ICRS dipercaya menduduki jabatan struktural di berbagai lembaga pendidikan di Indonesia. Dari berbagai pencapaian ini, Siti berharap akan terus mempertahankannya dan selalu melakukan perbaikan secara berkelanjutan dengan meningkatkan kualitas dan reputasi lulusan melalui kurikulum, proses pembelajaran dan suasana akademik yang baik, tracer studies, evaluasi dan continuous improvement. Selain itu untuk meningkatkan reputasi akademik serta meningkatkan H-indeks serta sitasi per paper, juga dilakukan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan pendidikan serta melibatkan berbagai mitra di dalam dan luar negeri dengan dosen-dosen juga terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertaraf nasional dan internasional.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share