10 PTN Terbaik di Pulau Jawa

Menjelang penerimaan mahasiswa baru, para siswa-siswi tidak segan untuk bekerja keras untuk mendapatkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkannya. Setidaknya terdapat tiga proses seleksi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan PTN tersebut. Ada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri.

Dari sekian banyak PTN yang tersebar di seluruh Indonesia, kebanyakan datang dari Pulau Jawa. Berikut 10 PTN terbaik di Pulau Jawa, diantaranya sebagai berikut:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Kampus UGM memiliki 18 fakultas dan 69 program studi. Mulai dari Fakultas Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran Gigi dan lainnya.

2. Universitas Indonesia (UI)
UI menduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kampus ini berada di Depok dan Jakarta Pusat.

3. Universitas Padjajaran (Unpad)
Unpad memiliki tiga kampus, yakni di Jatinangor, Dipatiukur, dan Pangandaran. Banyak fakultas dan prodi yang ditawarkan Unpad, seperti Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kedokteran Gigi, dan lainnya.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
IPB menjadi perguruan tinggi terbaik ketiga di Indonesia. Untuk calon mahasiswa yang menginginkan masuk IPB, bisa memilih jalur mandiri yaitu UTM-BK.

5. Institut Teknologi Bandung (ITB)
ITB sendiri berdiri di 2 Maret 1959. Kampus ini berada di Jalan Ganesa, No. 10, Lb Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat.

6. Universitas Diponegoro (Undip)
Banyak fakultas yang ditawarkan dalam kampus ini yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, dan lain sebagainnya. Tidak hanya itu, akreditasi yang diraihnya yaitu A bahkan hingga akreditasi internasional.
7. Universitas Sebelas Maret (UNS)
UNS menempati posisi ke-13 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.
8. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
Di Unsoed, kamu juga bisa memilih berbagai macam prodi yang ditawarkan, seperti Peternakan, Farmasi, Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, dan lainnya.
9. Universitas Brawijaya (UB)
UB berlokasi di Malang, Jatim. Kampus ini menawarkan berbagai macam prodi, seperti Agribisnis, Kehutanan, Peternakan, Teknik Elektro, Ilmu Komunikasi hingga Teknik Mesin.
10. Universitas Airlangga (Unair)
Berdasarkan peringkat Webometrics, Unair menjadi perguruan tinggi terbaik ke-6 di Indonesia. Kampus Unair terletak di Surabaya. Kampus ini terdiri dari Kampus A, Kampus B, dan Kampus C.

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
Share
0 Comments

No Comment.